perkara sakit!


Sehebat-hebatnya manusia, ia akan menjadi terlihat tidak hebat saat sedang sakit..

Siapa sih mau sakit? Pertanyaan yang sangat klasik ditanyakan kepada orang yang sedang sehat. Semua orang yang hidup pasti pernah merasakan sakit. Berikut beberapa pengertian sakit yang aku  copy dari mbah google :
1. Sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya.(Menurut Pemons, 1972)
2. Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial. (Menurut Perkins)
3. Sakit sebagai suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang. (Menurut Oxford English Dictionary)

Sakit adalah hal yang tidak menyenangkan bahkan sangat dihindari oleh semua orang. Sakit apapun itu, sekalipun ada yang mengatakan semua sakit selalu ada obatnya. Namun lebih baik tidak sakit daripada harus menelan butir-butir obat untuk sekedar meringankan sakitmu.

Belakangan ini, aku beberapa kali didera hal yang bernama sakit bahkan sempat sudah ke dokter dan membayar biaya yang cukup mahal untuk anak kos seperti saya, nyatanya sakit itu tak pergi dari tubuhku. Entah tubuhku sedang ngambek atau karena memang belum waktunya aku sembuh. kemudian diperparah oleh sakit yang lebih asoy muncul.

Tapi yah seiring jalan nya waktu, sakit itu mulai pergi mencari tubuh lain. Walapun sakit asoy yang satu ini masih bersemayam, setidaknya aku masih hidup sampai detik ini, haha

Kemudian beberapa hari belakang ini, muncul lagi penyakit langganan yang sungguh jika ia datang itu uhh sakitnya ganggu banget. Ngerusak semua aktivitas. Dan lebih sakit lagi karena sakitnya itu malam hari saat orang lagi asik tidur eh malah kambuh.

Puji Tuhan selama aku hidup, aku belum dan semoga tidak akan pernah dihinggapi sakit yang ketika kau berdoa kau hanya akan meminta sakitnya dikurangi karena sudah terlalu lelah dengan sakitnya. Aku tahu, sakitku yang aku ceritakan tadi belum seberapa bahkan sangat jauh lebih ringan dari sakit mereka diluar sana yang berjuang untuk bisa tetap hidup. 

Banyak versi  jenis sakit di dunia ini, ada versi sakit di dunia kedokteran, sakit orang awam, sakit spiritual ataupun sakit sosial. Dan tentu saja, orang bijak mengatakan “ semua sakit selalu ada obatnya”. Aku kurang sependapat, toh masih ada sakit yang ditemukan tanpa obat atau mungkin belum ditemukan saja. 

Kemudian Seseorang yang aku kenal, sangat tahu sakit-penyakit itu seperti apa pernah kepadaku “jika kamu sakit, yang merasakan sakitnya yah kamu sendiri, karena itu kamu harus jaga kesehatanmu”. Dan lagi-lagi aku kurang setuju dengan ini karena menurutku ada satu sakit yang  tak  pernah (sulit) sembuh yaitu sakit yang disebabkan seseorang bukan sakit yang karena kamu kurang menjaga kesehatanmu. Sakit yang akan menimbulkan sakit-sakit lainnya. Sakit yang mengeluhpun tak ada gunanya. Apoteker pun tak mampu menciptakan obat dari sakit ini. sakit yang bahkan kau ke dokter manapun tak akan pernah sembuh. sakit yang bisa kau tutupi tapi membunuhmu dari dalam. Sakit yang akan menggnggu hidupku pagi, siang, malam.  Sakit yang kau ciptakan dan merusak semuanya.

Tapi tenanglah, aku setuju dengan satu hal “sakit yang kau rasakan, sakit apapun itu, selalu ada tujuan dan maksud yang Tuhan titipkan disetiap rasa sakitnya, entah untuk menyadarkanmu atau justru memperingatimu akan satu hal akan alasan mengapa kamu bisa sakit”

--
Dan untuk tubuhku, tetaplah seperti ini, menjadi kuat dan tangguh menghadapi dunia, terkhusus kakiku,  Jangan menyerah tetaplah membawaku ke tempat-tempat luar biasa tanpa harus merasa sakit lagi. selamat hidup sehat!




CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment