3 surat dari pengirim yang berbeda


1.      Hari ini

Hari ini tanggal 1 May 2015 jatuh pada hari Jumat.

Hari ini tanggal merah. Di kelender tanggal 1 Mei itu  hari libur. Jadi pasti banyak yang menunggu hari ini. terlebih tahun ini, 1 mei 2015 berpapasan dengan long weekend. Makin banyaklah orang yang sangat menunggu hari ini. mereka sudah mempersiapkan apa yang akan mereka lakukan di  long weekend ini jauh-jauh hari sebelumnya, ke mana mereka akan pergi berlibur dan yang pasti macet akan terjadi dibeberapa titik kota. 

Hari ini pula hari di mana orang-orang sedang turun ke jalan mempertontonkan aksinya, berteriak seolah ingin di dengarkan, memenuhi jalan agar para petinggi negara memperhatikan mereka, yah hari ini adalah hari Buruh internasional yang kita sebut dengan May day. Selamat banyak orang yang juga merayakan ulang tahunmu walaupun tdiak secara langsung. Tapi mereka merayakannya dengan menyampaikan keluhan mereka atas apa yang mereka alami, tentang ketidakadilan yang mereka  rasakan. Pertanyaannya adalah apakah nanti kamu ingin menjadi buruh? Agar ulang tahunmu bisa dirayakan oleh sesama buruh. Tapi sepertinya tidak. benarkan?


hari ini banyak orang yang akan mengucapkan selamat kepadamu, kamu harus bersiap-siap membalasnya satu-persatu. Doa dan harapan akan kau terima, jadi jangan lupa mengaminkan semua doa orang yang kau sayangi. Dan mengusahkan agar harapan-harapan yang baik bisa menjadi kenyataan.  

Hari ini ada seseorang yang mungkin masih terlelap, atau dia sudah sibuk mengerjakan sesuatu, atau bahkan dia asik dengan handphonenya.  Dia adalah seorang wanita yang baru kau kenal kurang lebih 4 bulan. Sejak pertemuan pertama kalian awal january tahun ini. namun setelah 4 bulan berlalu, kalian sudah sedekat nadi, kemana-mana selalu bersama, bahkan hal yang menjadi rahasia sudah bisa menjadi bahan lelucon bagi kalian. Hari ini dia ingin kau bahagia, karena hanya dia yang ada di hari spesialmu. Tak ada sahabatmu, ataupun keluargamu. Dia ingin membuatmu bahagia walau terkadang caranya susah untuk kau mengerti.

Dia menyayangimu dengan tulus. Kalau kau masih meragukan itu, karena dia jarang mengeksposmu kepada dunia, kau salah. Karena cinta yang dewasa tak perlu banyak tahu, toh tanpa kalian beritahu, duniapun akan segera tahu dengan caranya sendiri. 

Dari aku seseorang yang mengenal dia, perempuan yang kau kasihi. Selamat ulang tahun. 

2.         Kita

“aku tidak pernah meminta untuk dipertemukan denganmu,  begitupun kamu. alam yang mempertemukan kita”

itu salah satu paragraf yang bisa menggambarkan Kita. tentang pertemuan di luar perencanaan tanpa diperkenalkan siapa atau melaui apa , seolah alam hanya ingin mempertemukan kita dengan cara yang sedikit menakjubkan. Setidaknya bagiku.

Sudah banyak kisah yang kau lalui, sudah tak terhitung orang yang kau temui. Kerasnya kehidupan sudah kau nikmati,pun manisnya dunia sudah kau rasakan. Entah semesta sedang merencanakan apa, kau muncul tanpa permisi, masuk dalam kehidupanku. Walaupun aku baru mengenalmu kurang lebih 4 bulan, tapi rasanya aku sudah mengenalmu lama sekali. 4 bulan bukan yang waktu lama bahkan rasanya itu baru terjadi kemarin. Tapi aku sudah berani mengatakan bahwa aku mengenalmu, mungkin tidak sedalam mereka para keluarga dan sahabatmu, yah apalah arti waktu yang hanya seperempat tahun untuk mengenal keseluruhan dirimu. Tapi aku percaya, mengenal seseorang bukan hanya perihal kuantitas tapi kualitas pertemuan. 

Tahun ini, aku diijinkan Tuhan untuk hadir di- hari ulang tahunmu. Hari yang selalu kau tunggu, hari di mana doa-doa baik akan berkumdang untukmu. Hari ini genap pula kau berusia 27. Sudah sangat cukup di katakan lelaki dewasa. dari  perilaku dan tindakanmu sudah menceriminkan demikian. Kau sudah menjadi lelaki dewasa, untuk dirimu sendiri dan orang lain. . 

Walaupun terkadang kita berbeda cara berfikir, berbeda padangan, berbeda tujuan hidup,dan berbeda agama, sampai detik ini kita masih bertahan. Mungkin inilah yang disebut dengan cinta tanpa alasan. Karena jika kau tanya apa alasanku mencintaimu, maka akan ku jawab “tak tahu” karena kau  itu bukan tipeku, bahkan bukan sekali tapi berkali-kali tingkahmu membuatmu berfikir bahwa “apa aku tidak salah  orang” tapi setelah itu aku kembali bisa mencintaimu, tanpa ada alasan yang nyata. Yah kau boleh menang perkara “mecintai tanpa alasan” karena dulu aku bukan penganut konsep mencintai seperti itu. hahaa

Di hari jadimu yang ke 27. Aku berdoa kepada Tuhanku,  semoga apapun yang kau inginkan dimudahkan Tuhan, kau selalu sehat dan senantiasa berbahagia. Tuhanku baik, aku tak pernah lelah menceritakanmu kepadaNya, walaupun kau tidak mengenalNya, tapi dia ingin melihat anakNya yaitu aku, selalu berbahagia, dan kebahgiaanku adalah kamu.

Harapanku hanya satu, semoga jalan ke depan kita dimudahkan. Untuk rencana masadepan yang telah kita rencanakan, semoga satu-satu bisa kita gapai. Cita-citamu, cita-citaku, sehingga jika Tuhan dan semesta merestui, kita akan berada pada cita-cita yang sama. Dan aku akan terus ada di setiap hari jadimu untuk mengingatkanmu, bahwa kekuatan cinta itu luar biasa.

Dari aku, perempuanmu. Selamat ulang tahun. 

3,      Hari berbeda untuk tanggal yang sama

1 mei 1988
bahkan di tanggal segitu, benih dalam kandungan ibukupun belum terbentuk aku. Tapi kamu, sudah dikirim ke dunia oleh Tuhan mungkin bukan tanpa maksud, kamu dilahirkan lebih dulu karena Tuhan percaya kamu mampu untuk menjaga orang-orang yang lahir sebelum kamu dan lahir sesudah kamu..

1 mei 2015
Ini hari pertama aku mendampingi ulang tahunmu. Tak ada yang spesial. Hanya bentuk perayaan kecil dari aku dan orang-orang terdekat kita di sebuah kedai yang tidak begitu mewah. Dan sebuah hadiah yang juga tidak mewah untukmu. Sebuah topi untuk peneduh pikiranmu yang begitu banyak,  semoga kamu suka. dan sebuah tulisan sederhana, mungkin kau akan bosan membaca tulisan-tulisan dariku untukmu, dan aku tak akan pernah bosan menuliskan itu untukmu, banyak-banyaklah bersabar, hahaha

Aku yakin, kamu mempunyai banyak mimpi. Tugasku bukan membantumu mengejar impian tersebut, aku hanya cukup  untuk duduk disini, melihatmu berusaha, mendorongmu agar lebih kuat, menjagamu agar tak kelewat batas dan menopang lelahmu ketika sudah mulai letih mengejar semua. Iya duduk di tempatku, menunggu kepulanganmu, tapi berjanjilah untuk selalu pulang. 

Tetap jadi pribadi yang begitu ramah dengan siapapun, tidak pernah mengeluh dengan apapun,  rendah hati dan tegar. Kedepan, hidup akan lebih berat. Berdoalah  agar siap menghadapinya. Ingatlah, jangan pernah meminta untuk diringankan bebannya, mintalah agar dikuatkan tenaganya.. Aku yakin, kamu akan mampu melewati semua. Semua yang telah kau persiapkan untuk masa depanmu. 

Kejar semua yang kamu ingin, karena akan datang saatnya kita akan berbicara tentang hari dimana pada suatu sore, dengan secangkir kopi yang harum di kedai favoritemu. Kita akan mulai membicarakan pencapaian yang telah kita raih. Percayalah, aku akan tetap disini.. asal kamu  berjanji, untuk tetap berusaha. Untuk kamu, untuk aku, untuk kita.

1 mei 2016
Semoga masih ada kita. kita yang meniti masa depan dengan cara masing-masing. Tapi tetap saling menunggu dan mendoakan untuk mewujudkan masa depan di mana hanya kita dan masa depan yang kau sebut senja.

Dari jacklyn fiorentina, Untuk dhian fadly.
Selamat ulang tahun, kekasihku.


ditulis di waktu yang sama, 
menuju senja, 
Denpasar, 1 mei 2015


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment